Semarak Pesta Demokrasi Lokal Provinsi Gorontalo, 9 Desember 2020

Semarak Pesta Demokrasi Lokal Provinsi Gorontalo, 9 Desember 2020

Humas KPU Provinsi Gorontalo – Hari ini, Rabu 9 Desember 2020 masyarakat di 3 daerah (Bone Bolango, Gorontalo, dan Pohuwato) bersuka cita menyalurkan suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemilihan Serentak Tahun 2020 menjadi momentum untuk memilih pemimpin yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerahnya.

 

KPU Provinsi Gorontalo turut andil dalam gelaran Pemilihan Serentak Tahun 2020 dengan memonitor langsung pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

 

Seperti Ketua KPU Provinsi Gorontalo misalnya, yang terjun langsung ke sejumlah TPS untuk meninjau jalannya proses pemungutan dan penghitungan suara, salah satunya di TPS 002 Desa Lamuhu, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango.

Fadli mengatakan, KPU Provinsi Gorontalo perlu melihat secara langsung situasi di TPS agar memperoleh gambaran pelaksanaan dan permasalahan yang terjadi di lapangan.

 

Sejauh pengamatan yang dilakukan, proses pemungutan suara berjalan aman dan lancar, seluruh pihak yang ada di TPS pun mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19. Lebih lanjut menurutnya, sejauh ini belum ada laporan terkait pelanggaran protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang dilakukan oleh jajaran di bawahnya. Ini berkat sinergisitas yang terjalin antara penyelenggara, pengawas, satuan pengamanan TNI dan Polri, pemerintah daerah, serta Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerah, sehingga permasalahan yang muncul di lapangan dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat. Tak lupa ia bersyukur dan berharap akan terwujudnya cita-cita Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang berintegritas dan bermartabat, bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Sama hal nya dengan Fadli, Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Hukum dan Pengawasan, Ramli Ondang Djau juga menyambangi sejumlah TPS di Kabupaten Pohuwato, salah satunya yaitu TPS bertema Hello Kitty yang terletak di Desa Buhu Jaya Kecamatan Paguat. Ini merupakan salah satu keunikan yang ia dapati, karenanya ia mengapresiasi upaya KPPS yang telah mendesain TPS secara unik dan menarik untuk memikat hati Pemilih agar tidak ragu untuk datang ke TPS menyalurkan suaranya.

Tak ingin kalah dengan kedua koleganya, ketiga Anggota KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran, Sophian Rahmola, dan Selvi Katili juga meninjau beberapa TPS. Seusai memberikan suara di TPS, ketiganya langsung bergegas meninjau pelaksanaan pemungutan suara, salah satunya di TPS 007 Desa Dutulanaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, yang akan melayani Pemilih pasien COVID-19, lantaran letaknya yang terdekat dengan RSUD Hasri Ainun Habibie. 2 petugas dengan didampingi 2 saksi akan mendatangi Pemilih (pasien COVID-19) yang selanjutnya akan mencoblos di tempat mereka diisolasi/dirawat. KPU Provinsi Gorontalo memastikan Pemilih yang sedang dikarantina/diisolasi tetap terlindungi hak pilihnya, dan penyelenggara pun menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

Setelah tahapan pemungutan suara, akan dilanjutkan dengan penghitungan suara dan publikasinya menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Suara (SIREKAP). KPPS nantinya akan mendokumentasikan/memfoto dan mengunggah hasil penghitungan suara yang termuat di Formulir C.Hasil-KWK menggunakan aplikasi SIREKAP Mobile yang telah terpasang di ponsel pintarnya. Publik pun akan segera mengetahui hasil penghitungan suara di tingkat TPS.

 

KPU Provinsi Gorontalo mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di 3 daerah atas partisipasi yang diberikan, juga memberikan apresiasi kepada segenap pihak yang telah mendukung kesuksesan gelaran panggung demokrasi Pemilihan Serentak Tahun 2020.

About The Author

Related posts