Rapat Kerja Anggaran Tahun 2022 dan Penyusunan Kebutuhan Anggaran Pemilu 2024

Rapat Kerja Anggaran Tahun 2022 dan Penyusunan Kebutuhan Anggaran Pemilu 2024

KPU Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Kerja Anggaran Tahun 2022 dan Penyusunan Kebutuhan Anggaran Pemilihan Umum Tahun 2024, Sabtu (27/03/2021), bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem dalam sambutannya mengatakan, pada rapat ini akan dirampungkan hasil penyusunan rencana anggaran tahun 2022 dan kebutuhan anggaran Pemilu Tahun 2024, di samping itu juga dirumuskan evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 dan Pemilihan 2020 untuk perbaikan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

Hal senada dikatakan oleh Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Sophian Rahmola saat memberikan arahan, bahwa selain membahas rencana anggaran tahun 2022 dan kebutuhan anggaran Pemilu Tahun 2024, juga akan disusun matriks evaluasi tahapan Pemilu dan Pemilihan serta rekomendasi perbaikannya, baik persoalan regulasi, manajemen tata kelola, dan teknis pelaksanaan. Sehingganya, dia berharap perencanaan dapat dilakukan dengan matang, karena gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.
Rapat ini sedianya akan dilaksanakan hingga 1 hari ke depan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19. Di hari pertama akan difokuskan dengan pembahasan dan penyusunan matriks usulan perbaikan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, sementara di hari kedua (28/03/2021) akan dilanjutkan dengan pembahasan penyusunan anggaran tahun 2022 dan kebutuhan anggaran Pemilu Tahun 2024.

Hadir pada rapat ini yaitu Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Plt. Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo, serta Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

Peserta rapat dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan tema dan isu strategis dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan. Masing-masing kelompok menyusun matriks usulan perbaikan pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Adapun hasilnya akan dihimpun oleh KPU Provinsi dan dipaparkan pada Rapat Evaluasi Tingkat Nasional bersama Pimpinan KPU RI yang direncanakan pada tanggal 30 Maret hingga 1 April 2021.

Sebagai informasinya, pada rapat ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan Laporan Kinerja Tahun 2021 oleh Ketua dan Sekretaris KPU se-Provinsi Gorontalo. Dalam laporan kinerja tahun 2021 tersebut memuat sasaran program dan indikator kinerja, baik pada program dukungan manajemen maupun proses penyelenggaraan Pemilu dan konsolidasi demokrasi.

Hal ini merupakan komitmen untuk mewujudkan kinerja lembaga yang semakin efektif dan efisien, transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

About The Author

Related posts