Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Lanjutan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Kab. Gorontalo, Bone Bolango & Pohuwato Tahun 2020

Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Lanjutan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Kab. Gorontalo, Bone Bolango & Pohuwato Tahun 2020
Sidang lanjutan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Kabupaten Gorontalo, Bupati Kabupaten Bone Bolango, dan Bupati Kabupaten Pohuwato Tahun 2020 dengan agenda Menerima dan Mendengar Jawaban Termohon, Keterangan Pihak Terkait dan Bawaslu, Memeriksa dan Mengesahkan Alat Bukti hari ketiga secara daring dan luring dimulai dari Selasa (2/2/2021) sampai dengan Rabu (3/2/2021)

KPU Provinsi Gorontalo turut mendampingi KPU Kabupaten Penyelenggara Pilkada sebagai fungsi monitoring dan koordinasi dalam menyukseskan tahapan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan di Mahkamah Konstitusi. Turut hadir secara luring maupun daring, Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem, Anggota KPU Provinsi Divisi Hukum Ramli Ondang Djau, serta Anggota KPU Provinsi berturut-turut Selvi Katili, Sophian Rahmola & Hendrik Imran. Dalam perkara ini turut dihadiri pula oleh Anggota KPU RI Arief Budiman & Hasyim Asyari secara daring dari Hotel Grand Mercure.
Sidang dimulai pada 2 Februari 2021 dengan Permohonan PHP Bupati Pohuwato, perkara Nomor 27/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan Paslon H. Iwan Sjafruddin Adam, S.H. & Zunaidi Z. Hasan.
Pada hari Rabu, 3 Februari 2021, berturut turut digelar Sidang untuk Permohonan PHP Bupati Gorontalo, perkara Nomor 48/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan oleh Pasangan Calon (Paslon) H. Tonny S. Junus & H. Daryatno Gobel yang dirangkaikan dengan perkara nomor 56/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan oleh Pasangan Calon (Paslon) Dr. H. Rustam HS. Akili, S.E., S.H., M.H. & Dicky Gobel, S.E.
Masih di panel yang sama namun jam yang berbeda, digelar kemudian sidang untuk perkara Permohonan PHP Bupati Bone Bolango, perkara Nomor 52/PHP.BUP-XIX/2021 diajukan oleh Paslon dr. Rusliyanto Monoarfa & Umar Ibrahim, S.AP dan perkara omor 63/PHP.BUP-XIX/2021, yang diajukan oleh Pasangan Calon (Paslon) Hi. Mohamad Kilat Wartabone & Syamsir Djafar Kiayi, S.T., M.Si.
Perkara yang sudah dilakukan sidang lanjutan ini kemudian akan dibahas dalam Rapat Permusyawaratan Hakim dan akan ditentukan apakah akan dilanjutkan dalam sidang selanjutnya. Pembacaan putusan/ketetapan tersebut akan dilaksanakan pada 15-16 Februari 2021.

About The Author

Related posts