Menuju Pilkada Serentak, Rabu 9 Desember 2020

KPU Provinsi Gorontalo monitoring persiapan DPS dan SIDALIH Pilkada 2020

KPU Provinsi Gorontalo monitoring persiapan DPS dan SIDALIH Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Monitoring dalam rangka Persiapan Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Gorontalo secara daring. Jumat, 11 September 2020.

Rapat dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem dan langsung dipandu oleh Anggota KPU Provinsi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Sophian Rahmola yang mengatakan tujuan monitoring ini adalah untuk mengecek sejauh mana kesiapan Rapat Pleno Penetapan DPS Pilkada 2020 dan Kesiapan Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH).

Masing-masing memaparkan sejauh mana persiapan kegiatan Rapat Pleno Penetapan DPS yang akan digelar nanti  tanggal 12 September untuk Kabupaten Bone Bolango dan 13 September untuk Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato.

Komisioner KPU Provinsi Ramli Ondang Djau juga mengingatkan tentang penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 pada pelaksanaan Rapat Pleno nanti. Sementara itu Hendrik Imran juga berpesan untuk mempersiapkan data-data yang diperlukan ketika ada pertanyaan dari Bawaslu atau LO Pasngan Calon maupun dari partai politik.

Daftar Pemilih Sementara yang selanjutnya disingkat DPS adalah Daftar Pemilih hasil kegiatan pemutakhiran data Pemilih yang dilakukan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota dengan dibantu oleh PPK, PPS, dan Pantarlih. Sedangkan SIDALIH adalah aplikasi untuk memudahkan proses input data pemilih oleh penyelenggara pemilihan serta sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat tentang data dan daftar pemilih

Kegiatan ini diikuti oleh Komisioner KPU Provinsi, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten divisi Perencanaan dan Data, Kepala Subbagian Program dan Data beserta Operator Sidalih dari KPU Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato.

About The Author

Related posts