KPU Provinsi Gorontalo Lakukan Monitoring Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Tingkat Kecamatan

KPU Provinsi Gorontalo Lakukan Monitoring Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Tingkat Kecamatan

Usai pelaksanaan tahap pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Pemilihan Serentak Tahun 2020 di 3 daerah (Bone Bolango, Pohuwato, dan Gorontalo) kini memasuki tahap rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan.

 

Sesuai PKPU No. 5 Tahun 2020, tahap ini dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 10 s.d. 14 Desember 2020. Di tahap ini, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan menghitung dan mencocokan data dalam Formulir Model C.Hasil-KWK yang ada di dalam Kotak Suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya dengan data yang tercantum dalam aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Penghitungan Suara (SIREKAP).

 

Mengingat adanya kendala dalam penggunaan aplikasi SIREKAP Mobile oleh KPPS saat penghitungan suara di TPS lalu, yang menyebabkan data di beberapa TPS belum terunggah di SIREKAP, KPU Provinsi Gorontalo kembali terjun langsung, kali ini di tingkat kecamatan untuk memantau pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara serta penggunaan SIREKAP Mobile dan SIREKAP Web oleh PPK.

Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo (Fadliyanto Koem dan Ramli Ondang Djau Memonitor Rekapitulasi Penghitungan Suara di Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato)

KPU Provinsi Gorontalo berbagi tugas dalam pelaksanaan monitoring ini. Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Hukum dan Pengawasan (Fadliyanto Koem dan Ramli Ondang Djau) bertugas memonitor 3 Kecamatan di Kabupaten Pohuwato (Marisa, Paguat, dan Duhiadaa), sedangkan 3 Anggota KPU Provinsi Gorontalo lainnya (Selvi Katili, Hendrik Imran, dan Sophian Rahmola) bertugas meninjau beberapa sampel kecamatan di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo (Selvi Katili) di Kegiatan Rekapitulasi Penghitungan Suara di Kecamatan Botupingge, Kabupaten Bone Bolango

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Teknis Penyelenggara Hendrik Imran mengatakan, monitoring ini bertujuan untuk memastikan PPK melaksanakan tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan sesuai prosedur yang berlaku.

 

“Dari tingkat bawah harus kita pastikan seluruh pekerjaan adhock (KPPS, PPS, dan PPK) telah sesuai regulasi, agar saat rekap di tingkat kabupaten nanti tidak ada problem berarti”, terang Hendrik saat meninjau pelaksanaan Rekapitulasi di Sekretariat PPK Tapa, Sabtu (12/12/2020).

Anggota KPU Provinsi Gorontalo (Hendrik Imran) saat meninjau Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango

Lebih lanjut, mantan Ketua KPU Kabupaten Gorontalo itu menjelaskan, terhambatnya pengiriman Formulir C.Hasil-KWK melalui SIREKAP Mobile KPPS ke peladen KPU akan diselesaikan hari ini, PPK yang akan mendokumentasikan dan mengunggahnya menggunakan SIREKAP Mobile PPK. Dirinya menargetkan pengunggahan Formulir C.Hasil-KWK di 3 daerah tuntas 100%, sehingga data penghitungan suara dapat terpublikasi secara lengkap ke publik.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo (Sophian Rahmola) memantau Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo

Setelah rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan, akan dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota yang dijadwalkan mulai tanggal 13 s.d. 17 Desember 2020. Pada tahap inilah akan ditetapkan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 oleh 3 KPU Kabupaten.

About The Author

Related posts