Menuju Pilkada Serentak, Rabu 9 Desember 2020

KPU Provinsi Gorontalo ikuti WEBINAR SOSIALISASI PENCALONAN PEMILIHAN SERENTAK 2020

KPU Provinsi Gorontalo ikuti WEBINAR SOSIALISASI PENCALONAN PEMILIHAN SERENTAK 2020

Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo mengikuti kegiatan Webinar Sosialisasi Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU RI secara daring, Rabu, 2 September 2020.

Masa pendaftaran bakal pasangan calon Pemilihan Serentak tahun 2020 akan dimulai pada tanggal 4 September 2020 sampai 6 September 2020. Berbagai persiapan dilaksanakan oleh penyelenggara pemilihan, mulai dari simulasi hingga sosialisasi.
Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Serentak Tahun 2020 dimaksudkan sebagai bentuk transparansi dan penyebarluasan informasi tahapan pencalonan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Masyarakat kemudian diharapkan bisa berperan aktif dalam mengawasi tahapan pencalonan mengingat pentingnya tahapan ini dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Kegiatan webinar yang dimulai pukul 13.30 WIB diharapkan makin memantapkan pemahaman semua pihak terkait tahapan pencalonan ini yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, pada sosialisasi ini pihaknya yang diwakili Anggota I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi akan banyak menyampaikan terkait regulasi dan tata cara pemilihan, terutama di tengah pandemi Covid-19. “Yang membedakan dengan proses pencalonan sebelumnya,” ujar Arief.

Hadir dalam Sosialisasi ini, Anggota KPU RI Hasyim Asyari & I Dewa Kade Warsa Raka Sandi, Anggota Bawaslu RI Rahmad Bajga, Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini yang dimoderatori oleh Nur Syarifah Kepala Biro Teknis & Hupmas Sekjen KPU RI.  Dewa selaku Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, yang mendapatkan mandat menerangkan regulasi dan tahapan pencalonan, memulai pemaparan dengan menjelaskan sejumlah Peraturan KPU yang telah mengalami perubahan di antaranya PKPU 9 Tahun 2020 Tentang Pencalonan dan PKPU 10 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemilihan di tengah pandemi bencana nonalam. Dewa menekankan dalam penjelasannya agar KPU Provinsi bisa lebih siap dalam melaksanakan tahapan pencalonan pemilihan serentak tahun 2020, termasuk menerapkan protokol yang ketat dalam setiap kegiatannya.

Rahmat Bagja juga dalam presentasinya ikut memastikan Bawaslu akan secara aktif mengawasi tahapan pencalonan mengingat pencalonan adalah tahapan yang akan menentukan siapa saja peserta pemilihan serentak tahun 2020, tentunya diperlukan kehati-hatian dalam pelaksanaannya agar tidak melanggar peraturan.

About The Author

Related posts