KPU Provinsi Gorontalo Hadiri Rapat Evaluasi Sosdiklih dan Parmas Pilkada Bone Bolango 2020

KPU Provinsi Gorontalo Hadiri Rapat Evaluasi Sosdiklih dan Parmas Pilkada Bone Bolango 2020

KPU Provinsi Gorontalo menghadiri Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Pemilih, Sosialisasi, dan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango Tahun 2020, yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Bone Bolango sejak Rabu (24/02) hingga Sabtu (27/02) bertempat di Grand Ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo.

Untuk melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19, rapat ini dilaksanakan selama 4 hari yang diikuti pula oleh Kepala/Perangkat Desa/Kelurahan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bone Bolango, sehingganya dibagi menjadi 4 dapil, per hari 1 dapil untuk menyesuaikan dengan kapasitas ruangan.

Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan sosialisasi, pendidikan pemilih, dan partisipasi masyarakat pada gelaran Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bone Bolango. Seperti diketahui, angka partisipasi pemilih di Kabupaten Bone Bolango pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 tertinggi di Provinsi Gorontalo mencapai angka 88,46%, melampaui target nasional yang ditetapkan sebesar 77,5% dan jauh berada di atas rata-rata partisipasi pemilih nasional yang berada di angka 76,09%.

Hal ini merupakan buah kesungguhan pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Bone Bolango dan segenap pihak yang turut mendukung pelaksanaannya, salah satunya ialah unsur Kepala/Perangkat Desa/Kelurahan.

Kontribusi jajaran Pemerintahan Desa/Kelurahan sangat penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bone Bolango, terutama saat pelaksanaan tahapan rekrutmen badan adhoc dan sosialisasi kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan oleh Selvi Katili, Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM saat memberikan penguatan kelembagaan pada rapat tersebut.

Di hadapan Kepala/Perangkat Desa/Kelurahan yang hadir, Selvi mengapresiasi peran serta mereka dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan turut menjaga ketertiban, keamanan, dan kondusivitas di lingkungannya masing-masing, sehingga tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bone Bolango dapat berjalan dengan baik dan mampu mendulang angka partisipasi pemilih yang cukup tinggi kendati dilaksanakan di masa pandemi COVID-19.

Pada rapat tersebut, para Kepala/Perangkat Desa/Kelurahan juga diminta untuk mengisi kuisioner yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bone Bolango serta menyampaikan permasalahan dan saran konstruktif. Adapun hasilnya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi dan penyusunan indikator pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan pemilih berdasarkan kaidah dan metode yang lebih efektif dan efisien di Pemilihan periode berikutnya.

KPU Kabupaten Bone Bolango juga memberikan piagam penghargaan kepada Kepala/Perangkat Desa/Kelurahan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bone Bolango atas partisipasinya yang telah menyukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango Tahun 2020 yang dilaksanakan di masa pandemi COVID-19.

Di samping Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, turut hadir pula pada kegiatan ini Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas, Kepala Bagian Program, Data, Organisasi dan SDM, Kepala Subbagian Teknis dan Hupmas, dan Kepala Subbagian Program dan Data di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo.

About The Author

Related posts