KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rapat Persiapan Penyelesaian Sengketa Hasil Pemilihan 2020

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rapat Persiapan Penyelesaian Sengketa Hasil Pemilihan 2020

Jelang tahapan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi, KPU Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Penyelesaian Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Serentak Tahun 2020 secara daring, Senin (11/01/2021).

 

Sesuai Peraturan Mahkamah Konstitusi No. 8 Tahun 2020, Perselisihan Hasil Pemilihan Tahun 2020 saat ini dalam tahap menunggu pemberitahuan Pencatatan Permohonan Pemohon dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (e-BRPK) yang sedianya dijadwalkan pada tanggal 18 Januari 2021.

 

Rapat ini diikuti oleh 3 KPU Kabupaten Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 (KPU Kabupaten Bone Bolango, KPU Kabupaten Pohuwato, dan KPU Kabupaten Gorontalo) dengan peserta yaitu Ketua dan Anggota KPU Kabupaten, Sekretaris KPU Kabupaten, dan Kasubbag Hukum di lingkungan Sekretariat KPU Kabupaten.

 

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Fadli mengatakan bahwa rapat ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan 3 KPU Kabupaten, baik secara teknis maupun substansi jelang hadapi tahapan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan di Mahkamah Konstitusi.

 

“Integritas dan profesionalisme KPU diuji pada tahapan ini (Perselisihan Hasil Pemilihan), oleh karenanya KPU Kabupaten harus menyusun konstruksi dan langkah strateginya secara matang” Ucap Fadli.

 

Lebih lanjut, Ia juga berharap masing-masing KPU Kabupaten mempersiapkan segala sesuatunya secara optimal dan tidak menganggap remeh.

 

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang termuat pada laman Mahkamah Konstitusi https://www.mkri.id/, di Provinsi Gorontalo terdapat 5 permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan dengan rincian yaitu 1 permohonan di Kabupaten Pohuwato, sementara Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango masing-masing 2 permohonan.

 

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Hukum dan Pengawasan, Ramli Ondang Djau memandu jalannya rapat. Ramli meminta kepada masing-masing KPU Kabupaten untuk menyampaikan laporan perkembangan kesiapan dari sisi teknis, baik menyangkut Penasehat Hukum, Inventarisasi Alat Bukti, strategi persiapan berperkara di Mahkamah Konstitusi, juga koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

 

Turut hadir dalam rapat ini yaitu Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Plt. Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo, Kepala Bagian Hukum Teknis dan Hupmas, Kepala Subbagian Hukum, dan Pelaksana terkait di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo.

About The Author

Related posts