KPU Provinsi Gorontalo gelar Rapat Koordinasi PDPB Tahun 2021

KPU Provinsi Gorontalo gelar Rapat Koordinasi PDPB Tahun 2021

KPU Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Teknis Surat Dinas KPU No. 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tahun 2021, Selasa (27/04/2021).

Rapat ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh Ketua dan Anggota Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Kasubbag Program dan Data, serta Operator SIDALIH KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

Seperti diketahui, sebelumnya KPU RI telah mensosialisasikan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 mencakup hasil rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan per bulan, by name by polling station kepada Partai Politik, Bawaslu dan dinas yang menangani urusan kependudukan dan catatan sipil setempat, serta mengumumkan di papan pengumuman kantor, website, portal aplikasi atau media sosial dan membuat siaran pers ke media masa lokal cetak dan elektronik.

Kali ini, KPU Provinsi juga mensosialisasikan hal serupa kepada KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo untuk memberikan kesamaan pemahaman & persepsi.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Sophian Rahmola menekankan pentingnya keterbukaan informasi kepada publik terkait data pemilih. Pasalnya, pemutakhiran data pemilih merupakan core business KPU yang kerap menjadi momok kecurigaan publik. Oleh karenanya, keterbukaan menjadi hal fundamental untuk memberikan kepercayaan kepada publik.

“Setiap bulan kita melakukan proses ini (PDPB) dan melibatkan stakeholder, diumumkan di laman dan papan pengumuman, sehingga keterlibatan publik sangat besar. Sajian data pemilih berkelanjutan bukan hanya sekedar rutinitas biasa, tetapi sebagai rangkaian proses panjang untuk pemutakhiran data pemilih Pemilu dan Pemilihan 2024”, Terang Sophian saat memaparkan kerangka continuous-list sebagai pendekatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan secara berkelanjutan.

About The Author

Related posts