Menuju Pilkada Serentak, Rabu 9 Desember 2020

“KOTAK SUARA” Konten Sosialisasi di Masa Pandemi

“KOTAK SUARA” Konten Sosialisasi di Masa Pandemi

Pemilihan lanjutan serentak 2020 menjadi tantangan tersendiri bagi KPU untuk memberikan “warna” baru terhadap konten sosialisasi. KPU Provinsi Gorontalo terus berupaya untuk mensupport 3 KPU Penyelenggara PIlkada di Provinsi Gorontalo yakni Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato terutama dari segi Sosialisasi. Tentunya dimasa pandemi Covid-19 ini langkah yang dirasa tepat saat ini yakni mengoptimalkan konten sosialisasi Pemilu dengan memfokuskan pada kreasi konten digital.

Kotak Suara merupakan suatu konten sosialisasi yang digagas oleh KPU Provinsi Gorontalo dimana tujuannya yaitu untuk menginformasikan seputar Pemilihan 2020 di Provinsi Gorontalo melalui beberapa platform media sosial seperti Youtube, Instagram, dan Facebook.

Hal ini diungkapkan oleh Selvi Katili, Anggota KPU Provinsi Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM yang mengatakan bahwa Program Kotak Suara ini merupakan konten yang diharapkan bisa menunjang program dan tahapan Pemilihan khususnya Pilkada di 3 daerah. Terkait penamaan “Kotak Suara”, selain sebagai maskot umum dari pelaksanaan Pemilu, “Kotak Suara” merupakan bagian dari kelengkapan logistik Pemilu yang memiliki peran vital dan strategis, yaitu sebagai media penampung suara dari masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya, serta sebagai manifestasi pelaksanaan Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Situasi saat ini dimana kita tidak bisa bertatap muka langsung maka program Kotak Suara ini diyakini tidak hanya efektif untuk menginformasikan pemilih, tetapi juga mencegah penyebaran virus” kata Selvi.

Selvi pun mengakui walaupun pihaknya masih bekerja dengan penuh keterbatasan baik itu peralatan dan anggaran namun tidak mengurangi semangat untuk suksesnya Pilkada 2020 3 daerah di Provinsi Gorontalo.

Program Kotak Suara ini merupakan salah satu wadah komunikasi interaktif dan saya berharap bisa menjadi program yang diminati oleh semua kalangan khususnya pemilih pemula yang melek dengan teknologi.

Program Kotak Suara ini sedianya akan dilaksanakan secara rutin setiap satu minggu sekali, dengan narasumber yang berasal dari jajaran komisioner KPU Provinsi Gorontalo hingga penyelenggara di tingkat bawah. Pada episode perdana (29/07/2020), mengangkat tema seputar Kesiapan Penyelenggara Pilkada Tahun 2020 di masa Pandemi COVID-19 dengan narasumber yaitu Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem.

Masyarakat dapat menyaksikan Program Kotak Suara setiap hari Rabu mulai pukul 09.00 WITA melalui Facebook dan Youtube KPU Provinsi Gorontalo.

 

About The Author

Related posts