Jelang Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan, KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rakor Persiapan

Jelang Sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan, KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rakor Persiapan

Pada Jumat (25/12) KPU Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Perselisihan Hasil Pemilihan di Mahkamah Konstitusi RI yang bertempat di Orasawa Resto. Peserta rakor adalah Ketua, Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan, Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Penyelenggara Pilkada Se-Provinsi Gorontalo.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem didampingi Anggota Hendrik Imran, Sophian Rahmola, Selvi Katili dan Ramli Ondang Djau serta Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Aniki Suleman dan Kasubag Hukum Sjukri Hala. Dalam arahannya Fadliyanto menyampaikan bahwa dalam rangka persiapan PHP ini KPU Kabupaten Penyelenggara Pilkada perlu untuk mempersiapkan secara matang mulai dari anggaran, tata cara beracara di MK, serta persiapan alat bukti dan dokumentasi yang lengkap dan rapi dalam menghadapi sengketa di Mahkamah Konstitusi.

Setelah dibuka acara dilanjutkan dengan arahan Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Hukum Ramli Ondang Djau yang sekilas menjelaskan tentang Tata Beracara dalam perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati dan walikota sebagaimana yang diatur dalam PMK 6 Tahun 2020 dan langkah-langkah yang perlu dipersiapkan oleh KPU dalam sengketa di Mahkamah Konstitusi. Rakor dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan didahului dengan pemeriksaan Covid-19 dengan metode swab test.

About The Author

Related posts