Hari ini, Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo Resmi Dilantik

Hari ini, Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo Resmi Dilantik

Gorontalo – (gorontalo.kpu.go.id). Serangkaian tahapan panjang Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II.a di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo telah selesai dilaksanakan. Setelah hampir 9 bulan dipimpin oleh pejabat pelaksana tugas (Plt), kini Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo telah  memiliki sekretaris definitif.

Adalah Drs. Mukti Abdullatif Mile, M.Si, yang secara resmi dilantik sebagai Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo oleh Sekretaris Jenderal KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno berdasarkan Keputusan Sekretaris Jenderal KPU RI No. 796/SDM.05.5-Kpt/05/SJ/VII/2021, secara daring Rabu (14/07/2021).

Di kesempatan yang sama, Bernad turut melantik Kepala Biro Umum, Kepala Biro SDM, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan, Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Kepala Biro Logistik, Inspektur Wilayah I, dan Inspektur Wilayah 3, Sekretaris KPU Provinsi Lampung, Banten, Nusa Tenggara Timur, dan Sekretaris KIP Aceh.

Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama pada Sekretariat Jenderal KPU dan Sekretariat KPU Provinsi Tahun 2021 tersebut turut dihadiri secara luring dan daring oleh Ketua dan Anggota KPU RI, Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Sekretaris KPU Provinsi se-Indonesia, Pejabat Eselon III dan Eselon IV di lingkup Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo, perwakilan Gubernur Gorontalo, dan Sekretaris KPU Kabupaten dan Kota se-Provinsi Gorontalo.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya mengucapkan selamat dan berpesan kepada seluruh Pejabat Eselon II.a yang telah dilantik untuk segera menyesuaikan diri dengan ritme kerja KPU. Menurutnya, pekerjaan berat akan segera menanti, yakni pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

“KPU harus berintegritas, standar penyelenggara Pemilu internasional adalah profesional dan berintegritas. Jaga diri dari perbuatan yang tidak baik. Kalian (pejabat yang dilantik) adalah supporting system KPU RI dan KPU Provinsi,” ujar Ilham.

Mantan Ketua KIP Aceh tersebut juga menegaskan sesuai Peraturan KPU tentang Tata Kerja KPU, sekretariat memiliki peran sebagai pelaksana kebijakan, serta unit pendukung pelayanan teknis dan administrasi. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh pejabat yang dilantik agar segera mempelajari tugas pokok dan fungsi masing-masing, terutama dalam memperbaiki tata kelola administrasi guna mempertahankan prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan Laporan Keuangan yang belakangan ini diberikan oleh BPK RI.

Disambut Hangat

Usai dilantik, Mukti disambut secara hangat oleh seluruh keluarga besar KPU Provinsi Gorontalo. Mantan Sekretaris KPU Kabupaten Bone Bolango itu siap membangun konsolidasi organisasi dan sinergi dengan KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem turut mengucapkan selamat bergabung dan bersiap tancap gas untuk segera berkolaborasi mensukseskan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang.***

About The Author

Related posts