Giat Koordinasi PDPB KPU Provinsi Gorontalo bersama Dikbudpora Provinsi Gorontalo

Giat Koordinasi PDPB KPU Provinsi Gorontalo bersama Dikbudpora Provinsi Gorontalo

Gorontalo (gorontalo.kpu.go.id) – KPU Provinsi Gorontalo kembali melanjutkan rangkaian kegiatan koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) kepada stakeholder (red: pemangku kepentingan), kali ini Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olah Raga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo yang mendapat gilirannya.

 

Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Sophian Rahmola, didampingi oleh 2 koleganya yaitu Hendrik Imran dan Ramli Ondang Djau, menerima secara langsung kedatangan Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Dr. Wahyudin A. Katili, S.STP, MT, dengan tetap menerapkan prokes COVID-19 secara disiplin.

 

“Terima kasih kami ucapkan atas kesediaan Pak Kadis telah menyempatkan diri singgah di kantor kami, suatu kehormatan bagi kami, karena biasanya kami yang selalu mengunjungi stakeholder untuk berkoordinasi”, Kata Sophian saat menyambut lawatan Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo di Ruang Kerja Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Kamis (27/05/2021).

 

Di kesempatan ini, Sophian memperkenalkan salah satu program kerja KPU Provinsi Gorontalo yaitu PDPB. Ia juga memaparkan pendekatan baru dalam proses pemutakhiran data Pemilih, yang sebelumnya dilakukan secara periodic-list, kini bertransformasi menjadi continuous-list.

 

“PDPB mengubah mindset dari yang sebelumnya dilaksanakan secara periodic-list ketika terdapat tahapan Pemilu/Pemilihan, kini berdasarkan Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum harus dilakukan secara berkelanjutan dengan pendekatan continuous-list. Harapannya (melalui PDPB) akan membuka ruang partisipasi masyarakat dan para stakeholder dalam menyusun data Pemilih yang semakin berkualitas, sehingga kepercayaan publik pun akan meningkat”, Jelas mantan Ketua KPU Kabupaten Gorontalo Utara tersebut.

 

Lebih lanjut diutarakannya, maksud dan tujuan KPU Provinsi Gorontalo giat mengkoordinasikan pelaksanaan PDPB kepada para stakeholder, salah satunya yaitu Dikbudpora, adalah untuk menjalin sinergitas dan memperoleh dukungan dalam mensukseskan program PDPB di tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota. Salah satu bentuk dukungan ini yaitu proses sharing data Pemilih. Pasalnya, KPU sangat membutuhkan elemen data yang dikuasai oleh para stakeholder sebagai bahan pemutakhiran data Pemilih yang lebih komprehensif, akurat, dan mutakhir. Oleh karenanya, dirinya tak menafikan bahwa PDPB tidak akan berjalan sukses tanpa dukungan dari para stakeholder.

 

“Untuk Dikbudpora misalnya, kami membutuhkan data siswa/i yang akan/telah memasuki usia 17 tahun dan memenuhi syarat sebagai Pemilih, nantinya jajaran kami di KPU Kabupaten/Kota akan datang ke sekolah-sekolah untuk mendata dan menjembatani proses perekaman e-KTP bersama Disdukcapil. Dengan pertemuan ini, diharapkan akan menciptakan persamaan persepsi dengan para stakeholder (Dinas Pendidikan di tingkat Kabupaten/Kota dan para Kepala Sekolah),” Imbuh Sophian.

 

Selain itu, di hadapan Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo tersebut Sophian juga memberi keyakinan bahwa KPU senantiasa menjaga kerahasiaan data pribadi Pemilih. Sehingganya, para stakeholder tidak perlu risau ihwal keamanan data yang diberikan, karena KPU menjamin perlindungannya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Sementara itu seperti gayung bersambut, kegiatan ini mendapat respon positif dari Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo. Wahyudin menyambut baik program PDPB yang diinisiasi KPU serta siap untuk mendukung kesuksesan pelaksanaannya. Menurutnya, ini merupakan bagian dari upaya dalam melindungi hak konstitusional warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai Pemilih. Olehnya, Ia meminta agar proses ini dapat diadministrasikan secara formil untuk selanjutnya akan dikoordinasikan dengan seluruh jajaran di bawahnya.

 

“Kami memiliki pangkalan data yang memuat elemen data kependudukan siswa/i dalam proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Kami siap bersinergi dengan KPU untuk pemanfaatannya dalam mensukseskan proses PDPB”, Ungkap Wahyudin.

 

Sebelumnya, hal senada dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, H. Syafrudin Baderung, yang siap mendukung program PDPB dengan memanfaatkan data peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta se-Provinsi Gorontalo sebagaimana terhimpun di aplikasi Education Management Information System (EMIS), dalam koordinasi PDPB KPU Provinsi Gorontalo di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Selasa lalu (25/05/2021).

 

Koordinasi kali ini turut dihadiri oleh Kepala Bagian Program, Data, Organisasi dan SDM serta Kepala Bagian Keuangan, Umum, dan Logistik di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo.***

About The Author

Related posts