Menuju Pilkada Serentak, Rabu 9 Desember 2020

Beri Sosialisasi Kode Etik Penyelenggara Pemilu, Prof. Teguh Prasetyo: Gorontalo Zona Hijau Pelanggaran Kode Etik

Beri Sosialisasi Kode Etik Penyelenggara Pemilu, Prof. Teguh Prasetyo: Gorontalo Zona Hijau Pelanggaran Kode Etik

Kode etik merupakan jubah penyelenggara Pemilu. Pemilu yang berintegritas tidak akan terwujud jika segenap penyelenggaranya tidak menginternalisasikan prinsip etik penyelenggara Pemilu.  Untuk memperdalam wawasan kode etik penyelenggara Pemilu, bertempat di RPP KPU Provinsi Gorontalo, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyelenggarakan Rapat Persiapan Sidang dan Sosialisasi Kode Etik Penyelenggara Pemilu, Kamis (24/09/2020).

Prof. Dr. Teguh Prasetyo, S.H., M.Si selaku Anggota DKPP bertindak selaku narasumber dan memberikan sosialisasi kode etik penyelenggara Pemilu.

“Penghargaan tertinggi demokrasi adalah Pemilu yang bermartabat, nilai Pemilu berintegritas harus terus ditingkatkan oleh segenap insan penyelenggara Pemilu” tegas Prof. Teguh.

Prof. Teguh juga mengapresiasi Gorontalo yang menjadi salah satu Provinsi dengan tingkat pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu terendah nasional, olehnya dapat diklasifikasikan sebagai zona hijau pelanggaran kode etik.  Prof. Teguh berpesan kepada penyelenggara Pemilu di Provinsi Gorontalo, bahwa kode etik tidak hanya menyangkut teknis pekerjaan, melainkan juga menjangkau pada kode perilaku keseharian, maka dari itu penyelenggara harus menunjukan perilaku yang profesional dan bermoral.

Di akhir kegiatan, Prof. Teguh membagikan buku-buku karya ilmiahnya terkait filsafat demokrasi dan kode etik penyelenggara Pemilu kepada peserta yang hadir.  Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Osbin Samosir, M.Si selaku Sekretaris Sidang Kode Etik DKPP, Suparmin selaku Tenaga Ahli DKPP, unsur TPD Gorontalo, Ketua, Anggota, dan Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota KPU Kota Gorontalo, Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Gorontalo, pejabat struktural dan pelaksana di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Gorontalo, dan pelaksana di Sekretariat Bawaslu Provinsi Gorontalo.

About The Author

Related posts