Menuju Pilkada Serentak, Rabu 9 Desember 2020

ANTISIPASI SENGKETA, KPU PROVINSI GORONTALO IKUTI RAPAT KERJA BIDANG HUKUM TAHUN 2020

ANTISIPASI SENGKETA, KPU PROVINSI GORONTALO IKUTI RAPAT KERJA BIDANG HUKUM TAHUN 2020

Dalam rangka mempersiapkan penyelesaian pelanggaran dan sengketa hukum, serta penyuluhan Peraturan KPU terkait penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2020, KPU Provinsi Gorontalo hadir dalam Rapat Kerja Bidang Hukum Tahun 2020 yang diselenggarakan KPU RI di Kota Bekasi Jawa Barat.

Rapat yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 tersebut dilaksanakan dalam 2 Gelombang, Gelombang 1 pada tanggal 10 s.d. 12 September 2020, sedangkan Gelombang 2 tanggal 14 s.d. 16 September 2020. KPU Provinsi Gorontalo tergabung dalam Rapat Kerja Gelombang 2 bersama 16 KPU Provinsi lainnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman, yang dalam sambutannya mengutarakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersamakan persepsi pemahaman Peraturan KPU serta antisipasi penyelesaian pelanggaran administrasi dan sengketa hukum.

“Bekerja secara transparan, profesional, penuh integritas, taat aturan, dan team work yang bagus akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga maupun secara personal” ungkap Arief.

Komisioner KPU RI turut memberikan pengarahan umum secara garis besar yaitu mengenai fungsi KPU Provinsi sebagai koordinator KPU Kabupaten/Kota penyelenggara Pemilihan Tahun 2020. Fungsi supervisi dan monitoring dari KPU Provinsi kepada KPU Kabupaten/Kota perlu dimaksimalkan, terutama dalam mempedomani semua regulasi dan kerangka hukum untuk terpenuhinya aspek hukum formil dan materiil. Selain itu, Divisi Hukum dan Pengawasan harus mengoptimalkan fungsi pengawasan internal agar pelaksanaan tahapan Pemilihan berada dalam koridor hukum yang berlaku.

Pada rapat ini juga dilakukan simulasi pengoperasian Sistem Aplikasi Dana Kampanye (Sidakam). Sidakam ini merupakan aplikasi yang disiapkan KPU untuk memfasilitasi peserta Pemilihan dalam penyampaian laporan dana kampanye.

Peserta rapat terdiri dari Anggota KPU Provinsi Divisi Hukum dan Pengawas, Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas, dan Kepala Subbagian Hukum/Operator Sidakam KPU Provinsi.

Turut hadir dalam Rapat ini Anggota KPU RI, Deputi Teknis, dan Kepala Biro Hukum Setjen. KPU RI.

About The Author

Related posts